Sebanyak Delapan santri Dayah Insan Qur’ani berhasil meraih juara pada Musabaqah Qiraatil Kutub (lomba baca kitab kuning) tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2019.

Acara yang berlangsung di Mesjid Jamik Babussalam Gampong Lam Teungoh sejak tanggal 15 Oktober ini diikuti oleh 109 peserta putra dan 60 peserta putri dari 19 dayah SE kabupaten Aceh Besar.

Pada event MQK tahun ini memerlombakan 10 cabang lomba yang dibagi dalam kategori wustha dan ulya. Kesepuluh cabang tersebut meliputi cabang nahwu, akhlak, tauhid, fiqh, ushul fiqh, hadits, tafsir, tarikh, pidato Bahasa Indonesia, dan pidato Bahasa Arab.

Atas capaian tersebut, Pimpinan Dayah Insan Qur’ani, Ust. Muzakkir Zulkifli mengaku bangga dan bersyukur santrinya dapat menoreh prestasi gemilang pada lomba karya baca kitab kuning se Aceh Besar.

“Alhamdulillah atas capaian santri kita, mereka juga dapat bersaing dengan santri dari Dayah Salafi, tentu ini kebanggaan bagi kita dan motivasi untuk terus menghidupkan kajian kitab turats di Dayah IQ,” ujar Ust. Muzakkir di kampus Dayah IQ, Sabtu, (18/10/2019).

“Kitab turats atau kitab kuning ini sangat penting, maka IQ memadukan kurikulum pendidikan modern dengan kurikulum Dayah salafi,” tambah Ust. Muzakkir.

Adapun Perolehan juara santri insan qur’ani pada musabaqah qiraatil kutub tingkat kabupaten Aceh Besar tahun 2019 yang diumumkan pada penutupan, Jum’at (18/10) adalah:

1. Juara 1 Cabang Tafsir putri (Muthmainnah Hafizha Hanan)
2. Juara 1 Cabang Hadits putri (Nacshiatul Fadhilla)
3. Juara 2 Cabang Hadits putra (Ahmad Kamil Baba)
4. Juara 2 Cabang Akhlak putri (Dirta Wardatul Ula)
5. Juara 2 Cabang Pidato B. Arab putri (Hayatun Nafis)
6. Juara 2 Cabang Pidato B. Indonesia putri (Syarifah Karimah)
7. Juara 3 Cabang Nahwu putri (Amiratul Birri)
8. Juara 3 Cabang Ushul Fiqh putri (Vinniyya Lil Khabir). []