Sebanyak 6 piala berhasil dibawa pulang santri Insan Qurani dari ajang Darul Ulum Exhibition ke-5 pada 12-15 Oktober 2019.

Event tahunan yang berlangsung di Komplek Dayah Darul Ulum Banda Aceh ini diikuti oleh 680 peserta dan 23 sekolah dari berbagai wilayah di Aceh. Insan Qurani menurunkan 36 peserta, 30 di antaranya merupakan peserta tingkat MA sedangkan 6 lainnya dari tingkat MTs.

Wakil Pimpinan Dayah Darul Ulum, Ust Rizki Rahimullah menyampaikan, DU Exhibition tahun ini memperlombakan 15 cabang lomba, yaitu english dan arabic debate, fahmil quran, english dan arabic speech, syarhil quran, tajhiz mayit, nasyid acapella, rapai geleng, qiraatul qutub, tahfiz qur’an 5 juz, tilawah, kaligrafi, dan tahfiz quran 3 juz.

Sekretaris Dayah Insan Qurani, Ustadz Alfirdaus Putra, SHI, MH, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada utusan Insan Qurani yang berhasil menjadi juara dalam event DU Exhibition. Menurutnya, prestasi yang terus diukir santri Insan Qurani merupakan bukti bahwa Insan Qurani selama ini fokus dan bersungguh-sungguh dalam membina santri-santrinya. 

“Alhamdulillah kita tentu merasa bangga, bahagia dan bersyukur atas prestasi yang terus diukir santri kita. Minggu lalu juga kita baru mendapat kabar delapan juara berhasil diukir santri IQ di event Riab Fair. Hasil dari DU Exhibition ini menambah panjang daftar prestasi santri Insan Qurani.” Ujar Ustadz Alfirdaus.

“Kita tentu berharap hasil-hasil ini bisa menambah motivasi santri yang lain untuk lebih giat belajar dalam meraih cita-citanya di masa depan, sekaligus siap melanjutkan konsistensi tim Insan Qurani setiap kali diutus untuk mengikuti kompetisi seperti ini.” Tambahnya.

Berikut Daftar Juara Santri Insan Qurani pada Darul Ulum Exhibition 2019:

1. Ahmad Kamil Baba Juara 3 cabang khat Mushaf tingkat SMA/MA

2. Ahmad Mujahid Juara 2 cabang khat Naskhi Tingkat SMP/MTs

3. Siti musfira bukhari, Siti Nabila, Asyifa Raudhatul ‘Ulya, Juara 1 cabang Fahmil Quran tingkat SMA/MA

4. Sahula Ruzni Juara 2 cabang Tahfiz 5 Juz Aceh tingkat SMA/MA

5. Mahira Asyifa Juara 2 cabang Pidato B. Arab Aceh tingkat SMP/MTs

6. Raudhatul Jannah juara 3 cabang Tilawah Aceh tingkat SMP/MTs