24 siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Al Jannah Kota Banda Aceh beserta 4 guru pendamping melakukan study banding ke Dayah Insan Qurani Aceh Besar, Kamis (21/11/2019).

Kunjungan ini ditujukan untuk mengenalkan kepada siswa gambaran kehidupan di dayah dan menumbuhkan motivasi siswa untuk menjadi santri setelah menamatkan sekolah di MIT Al Jannah. Siswa diajak berkeliling melihat situasi lingkungan dayah dan juga berdialog langsung dengan pengurus Dayah Insan Qurani. 

Siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan itu diterima langsung oleh Kepala Madrasah Aliyah Insan Qurani, Ustadz Irhami Razali, M.TSOL.

Kepada Kepala Sekolah, siswa bertanya tentang penerimaan santri baru dan peluang mengikuti lomba-lomba jika menjadi santri Insan Qurani kelak.

 

Siswa MIT Al Jannah berdialog dengan Kepala MA Insan Qurani

Menanggapi pertanyaan tersebut, Ust. Irhami menjelaskan bahwa penerimaan santri baru biasanya dilaksanakan pada bulan Januari. Namun untuk jadwal pastinya belum dirilis. Nanti akan diinfokan kembali di koran, facebook dan instagram @dayahinsanqurani, juga melalui website dayah insanqurani.net. “Yang penting adik-adik rajin belajar dan persiapkan diri semaksimal mungkin. Karena pendaftarnya biasanya sangat banyak sekali, sedangkan Insan Qurani tidak bisa menerima semuanya karena kapasitas asrama terbatas.” Terang Ust. Irhami. 

Menyangkut dengan peluang mengikuti lomba dan menjadi juara, Ust. Irhami menjelaskan bahwa semua santri Insan Qurani berpeluang menjadi peserta lomba-lomba bergengsi di tingkat kota, daerah, nasional maupun internasional. “Siapa yang rajin belajar, dia yang kita kirim untuk ikut lomba, termasuk adik-adik ini jika nanti menjadi santri Insan Qurani.“ Tambah Ust. Irhami.

Kepada insanqurani.net Kepala Sekolah MA Insan Qurani menyampaikan dirinya dan dewan guru menyambut baik kunjungan Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Al Jannah yang melakukan kunjungan study banding ke Dayah Insan Qurani. Ia berharap, kunjungan ini dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih giat dan mempersiapkan diri lebih baik sehingga dapat mudah diterima di sekolah atau dayah favorit  nanti.

“Kita senang dan welcome dengan siapapun yang berkunjung ke dayah kita ini. Terutama adik-adik dari MIT Al Jannah yang terlihat sangat antusias dan bersemangat untuk menjadi bagian dari Insan Qurani.” Tutup Ust. Irhami.