Sebanyak 49 santri Dayah Insan Qurani melakukan kunjungan belajar ke laboratorium biologi Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) di Gedung Laboratorium Multifungsi UIN Ar-Raniry Selasa (21/1/2020).

Tiba di ruang laboratorium, santri disambut staf dan langsung memberikan arahan pada santri tentang hal apa saja yang akan dilakukan di lab.

Dalam praktik pengenalan organ dan sistem organ, santri dibantu staf laboratorium membedah burung di atas meja praktikum. Staf kemudian menerangkan fungsi masing-masing organ dalam binatang tersebut kepada santri.

Kunjungan ini merupakan program Madrasah Aliyah Dayah Insan Qurani dalam bidang sains. Santri melakukan praktikum untuk mengenal lebih jauh sistem respirasi, sistem sirkulasi, sistem pencernaan, pengamatan sel dan jaringan dengan menggunakan mikroskop.

Guru bidang studi, Ainol Mardiyah, M.Pd, berharap kunjungan ke laboratorium biologi ini dapat mengembangkan pemahaman santri terhadap ilmu pengetahuan alam. “Khususnya dalam memahami bagian dari sistem respirasi, peredaran darah dan pencernaan pada aves.” Harapnya.

Santri juga diharapkan memahami sel dan jaringan dengan lebih baik. Demikian pula cara penggunaan mikroskop.

Ustadzah Vivi Yunisa Arahap, M.Pd, menambahkan bahwa praktikum merupakan hal yang sangat penting dalam mempelajari ilmu biologi. “Sejatinya biologi bukan hanya soal teori melainkan juga praktik. Ini pengalaman yang baik bagi santri dan semoga semua dapat menyerap ilmu yang banyak dari kunjungan ini.” Pungkasnya.