Pendaftaran Santri Baru (PSB) Dayah Insan Qurani ditutup 1 Februari 2020. PSB hanya dibuka dalam satu gelombang. Demikian diutarakan oleh Ustadz Misran Zulhadi, S.Ag, Ketua Bidang Pendaftaran, Rabu (29/01/2020).

Untuk tahun 2020 ini, khusus bagi calon santri Madrasah Aliyah yang perempuan, jurusan yang dibuka adalah Jurusan Madrasah Agama Khusus (MAK). Sedangkan bagi laki-laki tersedia jurusan IPA dan MAK.

PSB Dayah Insan Qurani dilakukan secara online melalui web https://insanqurani.net/psb.

Adapun persyaratan yang dibutukan hanya Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), nomor KK dan NIK calon santri dan wali santri, serta file pas foto ukuran 4×6 maksimal berukuran 400kb.

“Demikian juga bagi yang melakukan pendaftaran langsung ke dayah, syaratnya juga sama,” ungkap Ustadz Misran.

Menurut Misran, pendaftaran online santri baru Dayah Insan Qurani mendapatkan sambutan positif dari calon wali santri. Terutama dalam kemudahan persyaratan pendaftaran awal.

“Panitia sepakat membuat proses pendaftaran sesimpel mungkin dan sebisanya tanpa menggunakan kertas. Syarat-syarat administratif dan verifikasi akan dikumpulkan nanti jika santri dinyatakan lulus,” lanjutnya.

Ketua Panitia PSB, Ust Teguh Murtazam mengatakan, tata cara pendaftaran dilakukan dalam 3 tahap sesuai dengan urutan nomor menu pada web PSB.

“Langkah-langkahnya berurutan sesuai dengan nomor menu di web. Sangat mudah. Jika ternyata calon santri kesulitan bisa bertanya pada panitia yang selalu standby melalui fitur chat yang ada di pojok kanan bawah web PSB. Namun jika calon santri atau wali santri ingin mendaftar langsung ke dayah juga boleh, nanti akan kami pandu pendaftarannya hingga tuntas.” Lanjutnya.

Ustadz Teguh menjelaskan, bahwa pendaftar dapat menyelesaikan pendaftaran hingga cetak kartu ujian secara mandiri dari rumah.

Download Brosur Dayah Insan Qurani

Mula-mula, calon santri mengakses dan mengisi data yang diperlukan pada menu 1.Pendaftaran. Panitia akan mengirimkan nomor pendaftaran dan petunjuk pembayaran ke Bank BNI Syariah No Rek. 0903311943 an. Rahmatul Munawwarah, melalui SMS.

“Pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan dari bank manapun ke nomor rekening tersebut.” Tambah Ustadz Teguh.

Setelah melakukan pembayaran, pendaftar memfoto slip bukti pembayaran dan menguploadnya di menu 2.Konfirmasi. Panitia akan melakukan pengecekan dan mengirimkan nomor ujian melalui SMS.

Berikutnya calon santri dapat mengeprint kartu ujiannya di menu 3.Cek Status. Semua perkembangan proses pendaftaran hingga kelulusan calon santri ditampilkan di menu 3.Cek Status tersebut.