Syeikh Ahmad Taufiq Al-Hajj dari Palestina mengunjungi Dayah Insan Qur’ani Senin (27/1/2020). Dalam kunjungannya, Syeikh memberikan motivasi untuk santriwan dan santriwati Dayah Insan Qur’ani dalam menghafal Al-Qur’an ala Ghaza.

Selain mendengarkan motivasi, pada kesempatan tersebut santri dan dewan guru Dayah Insan Qurani juga turut melakukan penggalangan dana untuk disumbangkan kepada muslimin di Palestina. Total dana yang terkumpul mencapai 1,8 juta rupiah.

Menurut Syeikh Ahmad, dalam menghafal Al-Qur’an seorang santri perlu memperhatikan beberapa faktor penting. Baik itu faktor internal maupun faktor eksternal.

Baca juga :
Awali 2020, Dayah Insan Qurani Adakan Khatamul Quran
Lulus Seleksi Tahfidz BPSDM, 10 Alumni Insan Qurani Dapat Beasiswa ke Luar Negeri
Dayah Insan Qurani Raih 36 Juara Pada MTQ Aceh

Faktor internal atau dakhili berupa niat, berdoa, meninggalkan maksiat dan fokus. Selain itu, seorang penghafal juga harus memiliki kesabaran. Tidak boleh tergesa-gesa.

Sedangkan ‌4 faktor eksternal atau sering disebut khariji yaitu memilih guru yang tepat, mengkhususkan waktu, mengondisikan tempat dan lingkungan, serta menentukan jumlah hafalan.

Di samping menerangkan faktor-faktor yang berperan penting dalam upaya menghafal al-Quran, Syeikh Ahmad Taufiq Al-Hajj juga menyampaikan empat syarat halaqah tahfidz. Keempat hal tersebut yaitu adanya guru, santri, tempat dan metode yang digunakan dalam menghafal al-Quran.

Secara khusus Syeikh Ahmad menyampaikan kepada santri untuk senantiasa menjaga hafalan dengan murajaah rutin berupa murajaah harian, mingguan dan bulanan.

Dayah Insan Qurani selama ini menjadikan pengembangan tahfidzul Quran sebagai salah satu fokus pengembangan potensi santri. Hasilnya, banyak santri Insan Qurani yang telah mampu mengkhatamkan hafalan 30 juz Al Quran dan menjadi juara dalam berbagai musabaqah tahfidzul Quran. Baik di tingkat kota, provinsi, maupun tingkat nasional.

Baca juga :
Santri Insan Qurani Kembali Harumkan Nama Aceh di STQHN XXV
Selama Karantina Ramadhan, 13 Santri Dayah Insan Qurani Selesaikan Hafalan 30 Juz Al Quran
Uli Satria, Santri Insan Qurani Asal Nagan Raya Ukir Prestasi

Pada Desember 2019, 10 alumni Dayah Insan Qurani dinyatakan lulus dan berhak menjadi penerima Beasiswa Program Tahfidz Al Quran S1 luar negeri, setelah melalui seleksi tahap akhir yang diadakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemerintah Aceh. Total peserta yang lulus sebanyak 34 orang.

Sedangkan pada MTQ tingkat Provinsi Aceh September 2019 lalu, 4 santri Insan Qurani meraih juara 1 cabang tahfidzul Quran dalam berbagai kategori, 2 juara 2 dan 1 juara 3.

Dayah Insan Qurani memiliki 16 orang pembina tahfidz putra untuk kelompok Tsanawiyah, 11 pembina untuk kelompok aliyah, dan 1 orang pembina tahfidz khusus. Sedangkan untuk kelompok tahfidz putri diasuh oleh 17 pembina untuk kelompok tsanawiyah, 13 pembina untuk kelompok aliyah dan 1 orang pembina tahfidz khusus.

Reporter: Ust. Muhammad Zarqali