Departemen Jurnalistik dan Humas Organisasi Dayah Insan Qurani (OSDIQ) Putra dan Putri periode 2019-2020 ditetapkan sebagai departemen OSDIQ terbaik dan paling aktif dalam masa kepengurusan OSDIQ 2019-2020. Penetapan ini diumumkan dalam rangkaian acara pelantikan pengurus OSDIQ 2020-2021 Kamis malam (6/2/2020) di lapangan Dayah Insan Qurani.

Departemen jurnalistik yang beranggotakan 9 santri putra dan putri selama ini bertugas melakukan pengumpulan informasi, peliputan, dan penyajian informasi kepada santri dan guru Dayah Insan Qurani, wali santri, juga masyarakat umum. Hasil kerja jurnalistik departemen ini ditampilkan melalui mading dayah, media sosial, dan juga melalui web dayah www.insanqurani.net.

Selain melakukan tugas-tugas jurnalistik, dalam periode kepengurusan 2019-2020 tim Departemen Jurnalistik dan Humas OSDIQ juga melakukan kegiatan pelatihan jurnalistik, kunjungan ke Media Serambi Indonesia, juga kegiatan sosial.

Ketua Departemen Jurnalistik dan Humas, Muammar mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian tim yang diketuainya dalam masa kepengurusan 2019-2020 ini. Hal ini, menurutnya tidak terlepas dari dorongan dan bimbingan dari para pembina, Ustadzah Majidah Nur, Ustadz Teguh Murtazam dan Ustadz Rahmatul Fahmi.

Demikian juga dengan Ketua Departemen Jurnalistik OSDIQ Putri, Siti Khadijah mengatakan bahwa timnya selalu dihantui dengan kegiatan yang padat dan juga deadline, namun kerja keras anggota tim selama ini berbuah apresiasi melalui penghargaan ini.

“Alhamdulillah, saya sangat terharu dan tidak menyangka akan mendapatkan pengahargaan ini. Berharap departemen Jurnalistik dan Humas OSDIQ Periode 2020/2021 semakin lebih baik dan lebih lagi karya-karya kebaikannya.” Ucap Khadijah.

Dalam acara pelantikan pengurus baru OSDIQ Periode 2020-2021, Departemen Jurnalistik dan Humas OSDIQ turut meluncurkan majalah Q-Light edisi kedua, bersama Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Ulumul Quran, Ustad Muhammad Raihan, di panggung utama.