CLASSIC V resmi ditutup langsung oleh Pimpinan Dayah Insan Qurani pada Rabu, (10/2/21) di Kampus Dayah Insan Qurani. Kegiatan yang telah berlangsung sejak 6 Februari sampai 10 Februari ini ditutup dengan seremoni pembagian hadiah kepada para juara, peringatan maulid Nabi Muhammad saw dan pelantikan pengurus OSDIQ terpilih.

Penutupan kompetisi bertajuk Competition of Religion, Art, Sport, Science, and Education ke V dengan tema “Go The Extra Mile” ini diikuti oleh 860 peserta internal dan 108 peserta eksternal. Peserta Classic eksternal berasal dari berbagai daerah meliputi Bogor, Jawa Timur, Semarang, Denpasar, Aceh Timur, Banda Aceh, Pidie, dan lainnya.

Dalam acara tersebut, Ketua Dewan Hakim, Ustadz Agus Salim, mengumumkan juara aneka lomba yang telah berlangsung sejak 6 Februari lalu.

Para juara menerima hadiah berupa trophy, uang pembinaan dan sertifikat piagam penghargaan.

Selain juara individu dan tim, panitia juga memberikan hadiah juara umum untuk peserta yang meraih poin tertinggi. Juara Umum Classic V diraih oleh kelas 11- C dengan perolehan 24 poin.

Untuk peserta dari luar Insan Qurani, panitia mengadakan 5 cabang perlombaan kategori Umum meliputi menulis essay, fotografi, komik digital, cipta puisi dan desain poster. Kelima cabang tersebut diadakan secara daring.

Sedangkan untuk santri Dayah Insan Qurani, juga mengikuti perlombaan internal tingkat SMP meliputi cabang bercerita, olimpiade IPS, tahfidz 3 juz, trivia quiz, kaligrafi. Sedangkan untuk perlombaan tingkat MA meliputi cabang tahfidz 10 juz, debat ilmiah, syarhil.

Selain itu, juga ada cabang olimpiade IPA dan matematika, berhitung cepat, tenis meja tunggal dan ganda, cerdas cermat umum, tilawah, komik, mading kontemporer, cup song, vocal solo, ranking 1, catur, dan fahmil qur’an yang dapat diikuti santri Dayah Insan Qurani, baik dari tingkat MTs maupun MA.

Dalam kata Sambutannya, Ustadz Muzakkir selaku pimpinan dayah Insan Qur’ani menyampaikan harapan agar event ini tidak hanya dijadikan ajang kompetensi, melainkan sebagai wadah untuk mengembangkan potensi masing-masing. 

“Untuk kesempatan kali ini, 3 acara diadakan dalam waktu yang berdekatan yaitu, classic, maulid serta pergantian pengurus. Namun, untuk kedepannya akan kita usahakan untuk diberi jeda waktu antara 3 acara tersebut, ” Ujar Ustadz Muzakkir

Ustadz Muzakkir juga berharap agar Classic berikutnya menjadi lebih baik dan panitia dapat menambah cabang yang diperlombakan.

Acara penutupan Classic V ikut dimeriahkan oleh penampilan Rapa’i Geleng oleh santriwan Dayah Insan Qur’ani.

 

Reporter: Adinda Nurlija Sofia, Khairan Nisa’, Jihan Arifah, Faradita Rustiaputri
Departemen Jurnalistik dan Humas Dayah Insan Qurani