Sebanyak 6 santri Dayah Insan Qurani, Aceh Besar menjadi duta Aceh pada ajang Seleksi Tilawatil Quran dan  Hadits (STQH) tingkat Nasional XXVI tahun 2021, di Kota Sofifi, ibukota Maluku Utara pada Kamis sampai Sabtu, 14-23 Oktober 2021.

Keenam santri tersebut yaitu Shahibul Kiram dari golongan tilawah cabang tartil, Uli Satria golongan tahfidz cabang 10 juz, Muhammad Farisi golongan tahfidz cabang 1 juz dan tilawah, Sayed Musyraf golongan tahfidz cabang 5 juz dan tilawah, Sahula Ruzni golongan tahfidz 5 juz dan tilawah dan Niswatul Birra golongan tahfidz 30 juz.

Pimpinan Dayah Insan Qur’ani, Ust. Muzakkir mengatakan terpilihnya santri IQ sebagai Duta Aceh merupakan prestasi yang membanggakan bagi keluarga besar Dayah IQ, anak-anak mampu bersaing di tingkat provinsi dan menjadi duta Aceh pada STQHN Nasional tahun ini.

“Selamat berjuang anak anak kami dan juga seluruh kafilah Aceh, semoga bisa tampil maksimal dengan performa terbaik dan mengharumkan Aceh di kancah Nasional,” ujar Muzakkir Zulkifli.

Keluarga besar dayah Insan Qur’ani bersyukur dan bangga dengan perolehan prestasi para santri IQ yang dipercayakan untuk menjadi duta Aceh pada event Nasional itu setelah melewati proses seleksi yang sangat ketat.

Seperti diketahui Kegiatan ini diikuti 589 peserta dari 34 provinsi. 20 di antaranya merupakan utusan dari Aceh.

Seluruh peserta dan offisial dari Aceh telah tiba di Maluku Utara pada Rabu (13/10/2021).

STQ Nasional 2021 memperlombakan empat cabang perlombaan, yaitu Seni Baca Al-Qur’an, Hafalan Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, dan Musabaqah Al-Hadits.

Berikut daftar santri Dayah Insan Qurani yang mengikuti STQ Nasional 2021:

1. Shahibul Kiram Golongan Tilawah Cabang Tartil
2. Uli Satria Golongan Tahfizh Cabang 10 Juz
3. Muhammad Farisi Golongan Tahfizh Cabang 1 Juz + Tilawah
4. Sayed Musyraf Golongan Tahfizh cabang 5 Juz + Tilawah
5. Sahula Ruzni Golongan Tahfizh cabang 5 juz + Tilawah
6. Niswatul Birra Golongan Tahfizh cabang 30 juz