Iban Nazza Alkarimi, Almas Raihanah Nabila, dan Ahlul Ramadhana berhasil meraih juara dua pada babak final Kompetisi Fahmil Quran Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jambi, Selasa (19/10/2021). Ketiganya merupakan alumni dan pelatih tim Fahmil Quran Dayah Insan Qurani.

Pada babak final yang berlangsung secara daring, Iban, Almas, dan Ahlus yang mewakili Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, meraup 1300 poin. Sedangkan tim Universitas Negeri Jambi memperoleh 1650 poin, tim Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya 1200 poin dan tim Universitas Negeri Malang mengoleksi 475 poin.

Koordinator Lembaga Pengembangan Prestasi (LPP) Dayah Insan Qurani, Ustadzah Risa Khairiyah mengatakan, ketiganya selama ini aktif mengajar di kelas LPP Fahmil Quran di dayah Insan Qurani. Mereka juga aktif mendampingi dalam setiap kegiatan musabaqah yang diikuti santri.

“Alhamdulillah hasil ini menambah catatan prestasi dayah kita. Baik santri maupun pelatihnya sama-sama bisa mengukir prestasi di pentas nasional. Selamat kepada Iban, Almas, dan Ahlul atas prestasinya.” Ujar Ustadzah Risa.

Dayah Insan Qurani menerapkan sistem pengembangan bakat minat santri di bawah payung Lembaga Pengembangan Prestasi. Setiap santri diwajibkan mengikuti salah satu cabang yang tersedia, sesuai dengan bakat dan minatnya. Setiap kelompok memiliki pelatih dan jadwal belajarnya masing-masing layaknya kelas di madrasah.

“Anak-anak terus berlatih setiap waktu bersama dengan pelatihnya, terlepas untuk persiapan musabaqah ataukah tidak sedang mengikuti musabaqah. Karena yang diajarkan juga materi-materi ajar di sekolah dan juga skill khusus pada beberapa cabang LPP, seperti tilawah, ilmu falak, desain, seni dan lainnya.” Ujarnya.

Beberapa cabang LPP yang aktif dibawah pengelolaannya saat ini antara lain cabang Fahmil Quran, Qiraatil Kutub, Tilawatil Quran, Writing Class, Ilmu Falak, Design Club, Karya Ilmiyah dan lainnya.