Dayah Insan Qurani YPUQ Aneuk Batee, Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar akan membuka pendaftaran penerimaan santri baru tahun ajaran 2022/2023. Pendaftaran dibuka mulai 4-11 Januari 2022.

Sekretaris Dayah Insan Qurani Ustadz Alfirdaus Putra mengatakan, pendaftaran dibuka secara daring melalui website insanqurani.net/psb.

“Wali santri yang hendak mendaftarkan anaknya cukup mengikuti alur pendaftaran seperti yang tertera pada halaman website tersebut,” katanya.

Ia menambahkan, Insan Qurani membuka pendaftaran untuk jenjang MTs dan MA. Dijelaskannya, ada dua jurusan untuk jenjang MA yakni, Keagamaan dan IPA. Khusus untuk jurusan IPA hanya dibuka untuk santriwan, sedangkan jurusan Keagamaan untuk santriwan dan santriwati.

Menurut Alfirdaus, Dayah Insan Qurani menerapkan kurikulum perpaduan antara, kurikulum pendidikan nasional, Pondok Modern Darussalam Gontor, dan Pesantren Salafiyah.

Sehingga dengan perpaduan ini, kata Alfirdaus, para santri akan dibekali ilmu agama, hafalan Alquran, penguasaan bahasa asing; Arab dan Inggris, sains, serta penguatan kajian literasi klasik dan kontemporer.

“Dengan penerapan pembelajaran di IQ akan lahir para huffaz yang menguasai teknologi,bahasa dan tentunya penguasaan ilmu keagamaan yang mumpuni,” katanya.

Ketua Panitia Penerimaan Santri Baru Dayah IQ Ust Ust. Murizal mengatakan, pendaftaran hanya dilakukan secara daring melalui website dayah. Sehingga wali atau calon santri tidak perlu datang ke dayah untuk mendaftar secara tatap muka.

Menurut Murizal seluruh tahapan tersebut akan diarahkan oleh sistem secara otomatis dan petunjuk pada website tersebut. Calon santri tidak dapat melanjutkan proses pendaftaran jika tidak menyelesaikan tahapan-tahapan pendaftaran secara berurutan.

“Insya Allah calon santri dan wali santri tidak akan kesulitan, karena akan dipandu otomatis tahap demi tahapnya. Justru hal ini akan sangat memudahkan wali santri terutama bagi yang berasal dari lokasi yang jauh dari Dayah Insan Qurani,” kata Murizal.

Ia menegaskan, calon santri hanya perlu hadir ke dayah untuk mengikuti ujian tulis dan baca Alquran saja, sesuai dengan jadwal yang tertera di kartu ujian masing-masing santri

“Wali santri yang hendak mendaftarkan anaknya tidak perlu hadir ke dayah, terlebih Dayah Insan Qurani sedang membatasi kunjungan karena pertimbangan kesehatan,” ungkapnya.[]