Delapan santri Dayah Insan Qurani yang tersebar dalam empat grup cabang lomba Fahmil Quran Musabaqah Fahmil Quran Litthalibil Faqih (Mufaqih), berhasil masuk ke babak final dan menyapu bersih semua juara. Mulai dari juara 1, 2, 3 dan empat.

Kegiatan musabaqah antar perwakilan kabupaten/kota se-Aceh yang diselenggarakan Lembaga Majlis ‘Ulum Wihdah Fahmil Qur’an (Muwafaq) itu berlangsung selama sehari penuh pada Minggu, (9/1/2022) di Aula LPTQ Aceh.

Kedelapan santri IQ tersebut adalah Rifki Ziyad Farhani, M. Fataya AlMuwahhid dan Vaizul Azkya. Grup Kabupaten Aceh Besar putra yang diwakili ketiganya meraih juara pertama musabaqah tersebut. Rizka Khairianur, yang mewakili Kota Sabang meraih juara dua.

Kemudian Mahira Asy Syifa dan Zarvia Li’aunillah mewakili kabupaten Aceh Besar putri meraih juara tiga. Shalihah dan Hafni Syafira yang mewakili Kabupaten Bener Meriah putri meraih juara empat.

Dalam musabaqah Mufaqih, 60 delegasi dari kabupaten kota se-Aceh saling adu pengetahuan di hadapan para dewan juri. Mulai dari babak penyisihan, semifinal, hingga babak final.

Pembina Lembaga Pengembangan Prestasi santri Insan Qurani, Ustadzah Risa Khairiyah, mengatakan, seluruh santri Insan Qurani yang tersebar dalam berbagai grup tersebut merupakan santri kelompok LPP Fahmil Quran binaannya.

“Santri IQ yang mengikuti event ini merupakan anggota aktif LPP Fahmil Quran IQ. Anak-anak kita ini selalu belajar bersama-sama untuk mengasah kemampuannya dalam cabang Fahmil Quran. Sehingga kapanpun daerah asalnya memanggil, mereka selalu dalam keadaan siap tampil.” Ujarnya.

Peserta yang mengikuti event ini dipersiapkan untuk mengikuti event-event tingkat provinsi mewakili daerahnya masing-masing.

Para pemenang MUFAQIH mendapatkan medali, uang tunai, dan sertifikat penghargaan sebagai bentuk apresiasi bagi peserta/delegasi yang telah berkontribusi dan belajar sungguh-sungguh.

Berikut daftar santri IQ yang mewakili Kabupaten/Kota dalam Musabaqah Mufaqih Aceh:

Juara 1, Aceh Besar Putra, skor 1500
Rifki Ziyad Farhani (kelas 11)
M. Fataya AlMuwahhid (kelas 10)
Vaizul Azkya (kelas 12)

Juara 2, Kota Sabang Putri, skor 1175
Rizka Khairianur (kelas 11)

Juara 3, Aceh Besar Putri, skor 1050
Mahira Asy Syifa (kelas 11)
Zarvia Liaunillah (kelas 11)

Juara 4, Bener Meriah Putri, skor 950
Shalihah (kelas 12)
Hafni Syafira (kelas 11)