Santri Dayah Insan Qur’ani Aceh melakukan kunjungan edukasi   dan silaturrahmi dengan direktur TransContinent  Ismail Rasyid di Kantornya, Krueng Raya, Aceh Besar, Selasa (8/2/2022).

Kunjungan itu sebagai bentuk ikhtiar Dayah Insan Qur’ani dalam memperkenalkan dunia entrepreneur bagi santri, sehingga menumbuhkan semangat entrepreneur bagi santri di masa mendatang.

“Anak anak baru selesai ujian, kami sengaja mengajak mereka untuk melihat dan mendengar langsung pengalaman mereka yang telah sukses di bidang entrepreneur, mudah mudahan dapat menumbuhkan semangat bagi mereka,”ujar Wakil Yayasan IQ T Habibie yang ikut mendampingi santri.

Menurutnya Entrepreneurship bagi santri sangat perlu dan juga sebagai ikhtiar untuk mewujudkan kemandirian  pesantren itu sendiri.

“Mudah mudahan  suatu saat nanti akan banyak entrepreneur dari santri, kemudian mereka hadir untuk membantu Dayah dan lembaga pendidikan lainnya,”tambah Habibi.

Kehadiran puluhan santri yang didampingi Wakil Yayasan IQ dan wakil Pimpinan Dayah IQ tersebut disambut langsung CEO TransContinent Ismail Rasyid beserta jajarannya.

Ia menyambut hangat kedatangan para santri dan mendukung penuh agar para santri juga dapat menumbuhkan semangat entrepreneur.

Kepada santri Ismail Rasyid bercerita tentang impiannya sejak kecil yang ingin berpetualang dalam berbisnis.

“Ingat, yang paling penting dalam meraih kesuksesan adalah karakter seseorang, ia dituntut disiplin,  jujur, ulet,  transparan dan konsisten. Karena karakter ini dapat menggambarkan kita pada gerbang kesuksesan,” ujar Ismail Rasyid.

Selain itu ia menambahkan ada beberapa aspek penting untuk memulai bisnis yaitu Expert(keahlian),trust(kepercayaan) ,dan NetWork(jaringan kerjasama).

Sembari memotivasi para santri, ia mengungkapkan hasil dari kerja keras dan perjuangannya tersebut, yaitu dapat menghasilkan income yang baik. “Semakin giat kita bekerja semakin banyak income yang kita dapat,” ujar Ismail.

Ia berharap kedepan, semoga silaturrahmi terus terjaga,dan beliau selalu berkata bahwa “Kita pintar,tidak ada apa-apanya kalau tidak terjalin hubungan silaturrahmi,” kata Ismail.

Seperti hari ini, tujuan utama pertemuan ini adalah untuk membentuk relasi antara dayah Insan Qur’ani dan TransContinent. “Dengan adanya silaturrahmi ini sudah terjalin jaringan antara dayah Insan Qur’ani dan TransContinent. Jaringan kerjasama(Network) merupakan salah satu faktor penting dalam memulai bisnis,” tambahnya.

Usai pertemuan terlihat kegirangan para santri, apalagi setelah diajak melihat kantor baru milik Transcontinen. Selain mendapat ilmu para santri juga mendapat hadiah dari CEO Transcontinen.[]