Madrasah Tsanawiyah Dayah Insan Qurani YPUQ Aneuk Batee Aceh Besar ditetapkan sebagai juara umum 2 Exhibition keenam pada malam penutupan kegiatan perlombaan antar santri se-Aceh di Komplek Dayah Darul Ulum Banda Aceh, Jumat (28/10/2022).

Hasil ini diperoleh usai utusan MTs Dayah Insan Qurani memenangkan enam cabang perlombaan yang berbeda dengan total nilai 15 poin.

Keenam santri MTs yang berhasil menjuarai event tersebut yaitu Niskil Wathidi juara 1 cabang tahfidzul quran, Faris Dhamira juara 1 cabang tilawatil quran, Nadilla Febrilia juara 1 cabang pidato bahasa Indonesia.

Kemudian Niswaya Faradisa Isna juara 1 Ardhu Ash-Shirah, Ahmad Zaki juara 2 cabang olimpiade biologi dan Nayla Zhafira juara 3 cabang pidato bahasa Inggris.

Selain MTs, MA Insan Qurani juga memperoleh juara pada dua cabang perlombaan. Kedua cabang tersebut yaitu juara 1 cabang fahmil quran dan juara 2 cabang debat bahasa Arab. Namun karena hanya ada 3 cabang lomba untuk tingkat SMA/MA pada Exhibition VI ini, panitia memutuskan untuk tidak mengumumkan juara umum.

Panitia menyelenggarakan 13 cabang lomba berbeda untuk semua tingkatan, mulai tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA pada event bertajuk Risen De Victorius ini. Exhibition berlangsung selama 5 hari, mulai 23 hingga 28 Oktober 2022.

Sekretaris Dayah Insan Qurani, Ust. Alfirdaus Putra, SHI, MH, mengapresiasi capaian luar biasa yang diraih oleh santri pada event Exhibition ketujuh ini. Ia mengatakan hasil-hasil positif yang diperoleh santri IQ dalam berbagai ajang perlombaan haruslah menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari.

“Alhamdulillah anak-anak kita kembali membawa kabar gembira untuk seluruh keluarga Insan Qurani. Ini merupakan bukti bahwa anak-anak kita senantiasa dalam fokus yang baik saat belajar di dayah maupun saat berkompetisi. Semoga capaian-capaian ini menjadikan anak-anak kami menjadi lebih semangat dalam belajar dan meraih cita-citanya di masa mendatang.” Ujarnya.

Ia juga turut mengingatkan agar hasil baik ini tidak sekali-sekali membuat santri terlena dan jumawa, melainkan menjadikannya bagian dari proses belajar dan sarana mengekspresikan diri.

Berikut perolehan Juara utusan Dayah Insan Qurani pada Exhibition VII Darul Ulum 2022

Tingkat SMP/MTs
1. Juara 1 Pidato Bahasa Indonesia : Nadilla Febrilia
2. Juara 3 Pidato Bahaa Inggris : Nayla Zhafira
3. Juara 1 Tahfizhul Quran : Niskil Wathidi
4. Juara 1 Tilawatil Quran : Faris Dhamira
5. Juara 2 Ardhu Ash-Shirah : Niswaya Faradisa Isna
6. Juara 2 Olimpiade Biologi : Ahmad Zaki

Juara Umum 1 : MTsN Model Banda Aceh
Juara Umum 2 : MTsS Insan Qur’ani (15 point)
Juara Umum 3 : MTs Tgk Chik Pante Kulu

Tingkat SMA/MA
1. Juara 1 Cabang Fahmil Qur’an
– Nisrina Wati
– Faradis Jauhar
– Hafni Syafira

2. Juara 2 Cabang Debat Bahasa Arab
– Ahmad Zaki Al-Fikri
– M. Fauwaz
– Rafi Amirul Fata