MIN 6 Banda Aceh, MTsN 1 Banda Aceh, dan MAS Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar ditetapkan sebagai juara umum event Competition of Religion, Art, Sport, Science and Education (Classic) ke-7 Dayah Insan Qurani. Pengumuman tersebut disampaikan dalam rangkaian acara penutupan Classic 7 yang berlangsung di halaman madrasah Dayah Insan Qurani Aceh Besar Sabtu (12/11/2022).

Untuk tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, MIN 6 Banda Aceh ditetapkan sebagai juara umum dengan total nilai 18 poin. Diikuti SDIT Nurul Ishlah sebagai juara umum 2 dengan total nilai 10 poin. Sedangkan juara umum 3 tingkat SD/MI, MIN 1 Kota Banda Aceh dan SDIK Nurul Quran sama-sama memiliki total 5 poin. Untuk itu panitia menetapkan keduanya sebagai juara umum 3.

Sementara itu juara umum tingkat SMP/MTs diraih oleh MTsN 1 Banda Aceh dengan perolehan nilai 38 poin. Disusul MTsS Darul Ihsan dan SMPN 6 Banda Aceh. Masing-masing sekolah tersebut mengoleksi total nilai 9 dan 8 poin.

MAS Ruhul Islam Anak Bangsa menjadi juara umum tingkat SMA/MA usai mengoleksi 14 poin dari seluruh cabang yang dijurai utusan madrasah tersebut. Sedangkan juara umum kedua dan ketiga berturut turut diraih oleh SMAN 10 Fajar Harapan dan MAS Ulumul Quran dengan nilai 11 dan 10 poin.

Kegiatan ini diikuti oleh 1128 peserta yang berasal dari berbagai sekolah/madrasah, dayah, dan universitas di Indonesia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Aceh, yang diwakili oleh Dr. Muntasyir, S.Ag dalam kata sambutannya menyampaikan kesuksesan pelaksanaan event akbar Classic 7 oleh Dayah Insan Qurani, yang diikuti oleh lebih 1000 peserta dari berbagai daerah di Aceh dan luar Aceh menunjukkan kesiapan Dayah Insan Qurani untuk menjadi dayah masa depan Aceh yang maju, gemilang serta cemerlang.

“Khususnya dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.” Ujar Kabid. Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh itu.

Sanggar Seni Seudati (Serune Dona Tanoeh Insan Qurani) Dayah Insan Qurani menampilkan Tari Saman dalam acara penutupan Classic 7 ini. Selain tari saman, Naufal Quraisy Ambiya, siswa MTsN 1 Banda Aceh turut tampil membacakan ayat Al-Quran dengan suara merdunya. Kemudian juga ada penampilan Nasyid Acapella SMAN 10 Fajar Harapan.

Turut hadir dalam penutupan Classic Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Kapolsek Suka Makmur, dan  dan perwakilan Danramil Suka Makmur.

Wakil Ketua Yayasan Ulumul Quran Aneuk Batee, Ust. Muhammad Raihan, S.Ag SH. MH. menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta dan panitia dalam menyukseskan event Classic 7 Dayah Insan Qurani.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta dan panitia dalam menyukseskan acara ini. Semoga kerja keras dan kreativitas dari seluruh panitia mampu memberikan motivasi yang besar dan kuat kepada generasi muda Islam saat ini, khususnya di daerah Serambi Mekkah Aceh tercinta.” Kata Ust. Raihan.

Sementara itu Ketua Panitia, Rayfal Andessa juga menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh pihak yang ikut serta dan berkontribusi untuk memeriahkan acara tersebut. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam event Classic 7 dan berharap dapat kembali bertemu pada Classic 8 2023 nanti.

Rayfal juga memohon maaf kepada para peserta dan para pendamping peserta, sekiranya ada kekurangan dalam pelayanan maupun kesalahan selama berlangsungnya Classic 7.

“Saya merasa bangga dan mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh panitia dan juga peserta yang telah ikut serta dalam event CLASSIC 7 yang kami selenggarakan. Kami atas nama panitia juga memohon maaf sekiranya ada yang kurang-kurang dalam pelaksanaan. Insya Allah ini menjadi bagian pembelajaran bagi kami untuk menjadi lebih baik di masa depan. Tetap semangat, jangan menyerah, teruskan perjuangan, dan sampai berjumpa kembali di Classic 8.” Tutupnya.

Berikut lampiran SK Juara Classic 7:

Download SK JUARA CLASSIC 7