Pendaftaran Santri Baru (PSB) Dayah Insan Qurani dibuka mulai 19 hingga 24 Desember 2022 melalui web psb.insanqurani.id. Proses pendaftaran akan dipandu secara otomatis oleh sistem melalui sms dan petunjuk dalam setiap tahap pendaftaran, sehingga calon santri tidak perlu khawatir akan kebingungan dalam mengikuti proses dan urutan pendaftarannya.

Untuk dapat melakukan pendaftaran, calon santri terlebih dulu perlu mempersiapkan beberapa data penting, di antaranya Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), file pas foto berdimensi 3×4 dengan warna latar biru. Bagi calon santri yang memiliki sertifikat juara minimal pada tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional dan Internasional, dianjurkan untuk mempersiapkan scan sertifikat untuk dilampirkan dalam proses pendaftaran.

Ketua panitia PSB Dayah Insan Qurani, Ustadz Muhajir menerangkan, nomor NISN, NPSN dapat diperoleh pada tata usaha sekolah asal calon santri. Nomor tersebut merupakan nomor identitas siswa dan sekolah yang berlaku secara nasional.

“Jika sudah memperoleh data-data tersebut, calon santri atau wali santri dapat mulai melakukan pendaftaran melalui tombol Formulir Pendaftaran pada web psb.insanqurani.id. Pendaftaran mandiri secara online ini tujuannya untuk memudahkan calon santri dan wali santri, dapat dilakukan di rumah melalui hp atau komputer, sehingga dapat terhindar dari antrian.” Ujar Ust. Muhajir.

Ia melanjutkan, walisantri akan memperoleh nomor pendaftaran melalui sms dan intruksi untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran. Pembayaran dapat dilakukan melalui mobile banking atau melalui ATM.

“Jangan lupa untuk memfoto atau screen capture bukti pembayarannya untuk dilampirkan pada proses selanjutnya.” Tambahnya.

Setelah melakukan pembayaran, calon santri dapat melanjutkan pendaftaran melalui menu login pada sudut kanan atas web psb.insanqurani.id untuk mengunggah bukti pembayaran, pengisian biodata dan sertifikat prestasi jika ada, mengisi kuisioner walisantri, hingga mengunduh kartu ujian.

Ujian tes masuk Dayah Insan Qurani dilaksanakan pada 25 hingga 27 Desember 2022, meliputi ujian tulis, tes kesehatan, dan juga uji baca Al Quran.

Akan tetapi, bagi calon santri yang berasal dari Banda Aceh dan Aceh Besar, untuk tes kesehatan dan uji baca Al-Quran dilaksanakan dalam masa pendaftaran 19-24 Desember 2022.

“Informasi detil terkait waktu ujian bagi masing-masing pendaftar sesuai dengan yang tertera pada kartu ujian. Masing-masing santri memiliki tanggal dan jam ujian yang berbeda.” Pungkas ustadz Muhajir.