Santri Dayah Insan Qur’ani berhasil meraih empat juara dalam event Saleum 8 (Science And Art Contest For Lighting Up Education To Be An Unbreakable Memory) tingkat provinsi. Kegiatan tersebut berlangsung di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri Model Banda Aceh di jalan Pocut Baren, Kota Banda Aceh pada Rabu, (15/02/2023).

Keempat juara tersebut diraih oleh Rahila Syakira, juara 1 pada cabang tilawah putri, Ahmed Kandelof, juara 1 pada cabang tilawah putra, Kaysa Faraz, juara 1 pada cabang tahfidzul Qur’an putri.

Lalu juara 2 tajhiz mayyit diraih oleh tim yang beranggotakan M. Fauwaz, Nabil Haikal Fathullah, Taufiqurahman, Fidaurrahman, Alfin Fikri, M. Varys Qusayyi, Fauzil Mubarak, dan Salamunhia Hatta.

Event yang bertajuk “membangkitkan kesyahduan hamparan cahaya peradaban di sudut negri senja” ini memadukan nuansa peradaban Aceh dan Spanyol. Informasi terkait tema ini disampaikan langsung oleh Kepala MAN Model, ibu Nursiah, S.Ag M.Pd.

Ketua Koordinator Saleum 8, Muhammad Putra Aprullah, M. Si berharap Saleum 8 dapat menyatukan pelajar di berbagai daerah dan menerima perbedaan, kelebihan, dan kekurangan satu sama lainnya.

“Dengan dilaksanakannya acara Seleum 8 ini, Saleum telah menyatukan perbedaan antar  pelajar dan sekolah di berbagai daerah”, ujar Putra Aprullah.