Sebanyak sembilan santri Dayah Insan Qurani (IQ) Aceh Besar melanjutkan pendidikan ke Universitas Al-Azhar Cairo, Mesir.

Mereka bertolak menuju Negeri Piramida itu melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar bersama puluhan santri asal Aceh lainnya pada Minggu (2/4/2023).

“Alhamdulillah tahun ini 9 santri kita melanjutkan pendidikan ke Mesir, artinya minat belajar santri kita di luar negeri, khusus di Mesir persentasenya sangat tinggi,” kata Pimpinan Dayah IQ, Muzakkir Selasa (4/4/2023).

“Kami mengharapkan anak-anak bisa membangun disiplin yang kuat, semangat dalam mengembangkan kemampuan diri,” harapnya.

Ia mengatakan santri IQ tersebut telah mengikuti tes melalui jalur Pusiba untuk tahun 2021 dan Kemenag tahun 2022 yang terdiri dari angkatan 4, 5 dan 6, dan juga mereka telah mengikuti bimbingan belajar yang dilaksanakan oleh IKAT Aceh.

Adapun 9 santri IQ yang akan belajar di Al Azhar tahun ini yakni, T Muhammad Khalil (Aceh Selatan), Zhilalurrahman (Banda Aceh), Nabila Fitria Sanjani ( Aceh Besar), Nashla Qanitah ( Aceh Besar), M Thariq Izzat (Nagan Raya), Avis Sinna (Aceh Barat Daya), M Aufa Muhajir (Banda Aceh), M Hafizh Alghifari (Banda Aceh), dan M Faizul Ahna (Aceh Selatan).

Muzakkir berharap agar Alumni IQ yang akan belajar di Timur Tengah untuk menanamkan niat ikhlas dalam belajar.

“Jaga motivasi belajar agar dapat meraih ilmu yang maksimal. Totalitaslah dalam menuntut ilmu, Jika ilmu bisa berucap ia akan mengatakan , berikanlah aku seluruh waktu yang kau miliki, maka akan kuberikan padamu sebagian diriku,” ujarnya.

Iklan untuk Anda: Warga Sumatera Utara Yang Sakit Lutut dan Pinggul Wajib Membaca Ini!
Advertisement by
Ditambahkannya, minat alumni Dayah Insan Qurani untuk kuliah di luar negeri sangat besar terutama di Mesir. Hal itu terlihat dari banyaknya santri IQ yang belajar di sana sejak 2017.

Baca juga: Simak Ceramah Bahasa Asing, Cara Santri Ummul Ayman Samalanga Ngabuburit, Tiap Sore 2 Santri Tampil

Tercatat jumlah alumni yang sedang menempuh kuliah di Al-Azhar, Cairo berjumlah 55 orang. Dengan bertambahnya 9 santri tersebut, keseluruhan menjadi 64 orang alumni.

Mereka tersebar di berbagai fakultas dan jurusan, seperti Ushuluddin, Syari’ah Islamiyyah, Lughah, Dirasat Islamiyyah, Dakwah, dan lainnya.

“Alhamdulillah saat ini ada 7 santri IQ yang telah menyelesaikan S1 di Al Azhar dan 5 santri melanjutkan S2 di Mesir,” pungkas Muzakkir.