Ulama Besar Al-Azhar Cairo Mesir, Prof. DR. Usamah Sayyid Al-Azhari dijadwalkan akan berkunjung ke Dayah Insan Qurani Aceh Besar, Sabtu 6 Mei 2023. Kunjungan ke dayah tersebut merupakan bagian dari agenda Syekh Usamah selama berada di Aceh terhitung mulai 5-7 Mei 2023.

Pimpinan Dayah Insan Qurani menyambut baik kehadiran Ulama besar Al Azhar tersebut. “Tentu ini suatu kemuliaan dan kehormatan bagi kami, Pengurus dan santri Dayah Insan Qurani, kami juga berharap nantinya Syekh memberikan ijazah kepada santri IQ,” ujar Ustadz Muzakkir Zulkifli, Kamis, 4 Mei 2023.
Ia mengatakan, agenda di Dayah IQ terbuka untuk umum pada hari Sabtu pukul 09:00 Win. Pihaknya juga telah melakukan berbagai persiapan menyambut kedatangan Syekh Usamah.

“Suatu kemuliaan dan kehormatan bagi kita semua, InsyaAllah tuan guru Syekh Usamah Sayyid Azhari (Ulama Besar Al Azhar Mesir) dan Mustafa Ateep akan berkunjung ke Dayah Insan Qurani tercinta. Ahlan WA marhaban bikum tuan guru, terimakasih untuk Ikat Aceh dan panitia yang telah membantu sehingga beliau bi Iznillah ada waktu luang ke Dayah Insan Qurani,” katanya.

Syekh Usamah merupakan guru besar di bidang hadits dan musnid dunia (pemegang sanad-sanad dari berbagai penjuru dunia). Ia juga salah satu ulama terbaik yang lahir dari Rahim Azhar di abad ini. Bahkan tuan guru Habib Ali Al Jufri mengatakan kalau Syekh Dr. Usamah Sayyid Al Azhari adalah salah satu ulama muda yang ilmunya melampaui umurnya.

Berkat keilmuanya, saat itu Mufti Besar Mesir, Syekh Ali Jumaah, memilihnya untuk mengisi khutbah Jumat di Masjid Sultan Hassan sejak 2005. Ia juga menjadi salah seorang Murid kesayangan Syeikh Ali Jum’ah. Syeikh Usamah memiliki wawasan keislaman yang luas. Narasinya begitu jelas dan detail dalam menjelaskan persoalan-persoalan keagamaan kontemporer. Pada tahun 2014, beliau juga diangkat menjadi penasehat kepresidenan dalam bidang agama.

Selama berada di Aceh, Syekh Usamah memiliki sejumlah kegiatan bersama IKAT Aceh yang dipusatkan di beberapa titik, seperti Mesjid Raya, UIN-Ar-Raniry, dan Zawiyah Nurunnabi. Selanjutnya Usamah juga akan mengunjungi berbagai situs Tsunami dan sejarah, terutama peninggalan Habib Abdurrahman Azzahir.