Santri Dayah Insan Qur’ani berhasil membawa pulang lima juara di ajang perlombaan Al-Mahrajan Al-A’raby IV yang digelar oleh mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Hal ini diumumkan oleh Panitia Pelaksanaan pada malam penutupan acara Al-Mahrajan Al-‘Arabiy IV di Balai Kota Banda Aceh, Jum’at 11 Agustus 2023.

Perlombaan yang berlangsung sejak hari 8-11 Agustus 2023 ini diikuti oleh berbagai kalangan mahasiswa dan santri di Aceh sebagai ajang dalam menunjukkan bakat dan potensinya masing-masing di berbagai jenis perlombaan. Dayah Insan Qur’ani mengirimkan peserta untuk bersaing dengan berbagai peserta lainnya setelah latihan yang intensif dibawah bimbingan Ustad dan Ustadzah di Dayah Insan Qur’ani.

Pimpinan Dayah Insan Qur’ani memberikan apresiasi kepada santri Dayah Insan Qur’ani yang sudah berjuang mengasah bakatnya lewat perlombaan ini. AL- MAHRAJAN AL-ARABY merupakan ajang perlombaan yang bisa membantu mengasah potensi santri kita dalam meningkatkan kualitas Bahasa Arab khususnya dan juga potensi-potensi lainnya. Ia berpesan, di setiap perlombaan jangan lupa untuk pelajari juknisnya agar penampilan santri lebih terarah dan mendapatkan hasil yang maksimal

“Baarakallahufikum. Selamat kepada anak-anak kami atas juara yang sudah diraih. Semoga kualitas Bahasa Arab satri IQ semakin meningkat da juga prestasi-prestasi lainnya terus lebih baik kedepannya. Ucapnya.

Dari sembilan jenis cabang kegiatan yang diperlombakan, santri Dayah Insan Qur’ani berhasil raih juara di lima cabang setelah bersaing dengan peserta lomba lainnya. Kelima cabang tersebut yaitu Cut Raisatul Haq sebagai juara 1 Pop Solo Islami. Akmal Maulana meraih juara 1 Rangking Juara 2 Debat Bahasa Arab diraih oleh Rafi Amirul Fata, Sahlan Aridho, dan Hablie Tardhani Araie. Kemudian juara 2 Kaligrafi diraih oleh Feri Gunawan dan Juara 3 Tahfidz 5 Juz diraih oleh Nadia Hanifah.