Santri Dayah Insan Qurani Aceh Besar kembali mengadakan silaturrahmi dan ngaji bareng Ustaz Hanan Attaki di masjid komplek dayah setempat, Selasa, 25 Februari 2024, malam.

Kehadiran Ustaz Hanan Attaki bersama sejumlah sahabatnya ke Dayah IQ disambut antusias para santri bersama para asatiz.

Dalam kunjungannya kali ini, pendakwah kondang yang digandrungi kaum milenial itu ikut menyemangati para santri yang sedang menuntut ilmu. Hanan Attaki memotivasi para santri untuk selalu optimis dan realitis.

“Santri yang baik harus punya sifat tafa’ul (Optimis). Optimis adalah berkata dan berfikir yang baik pada kondisi yang sedang tidak baik-baik saja. Keyakinan inilah yang kelak akan mengantarkan kita ke gerbang kesuksesan,” ujarnya.

“Perilaku optimis telah dicontohkan oleh Rasulullah Saw dan para sahabat dalam mendakwahkan Islam meskipun mendapat penentangan dari kafir Quraisy,” ujarnya lagi.

Ustaz Hanan juga menukilkan kisah kepahlawanan Rasulullah Saw beserta para sahabat dalam perang Khandaq dan Khaibar dimana pada saat itu jumlah pasukan Islam tidak berimbang dengan pasukan musuh. Namun, karena keyakinan, tekad kuat, serta optimisme yang tinggi, Allah menganugerahkan kemenangan kepada pihak muslimin.

Selain itu, ia juga mengatakan, setiap santri harus memiliki cita-cita yang tinggi dan untuk mencapainya juga harus menghadirkan sikap hormat kepada para guru di semua jenjang pendidikan.

“Jadi kita harus selalu bercita-cita yang besar, meskipun terkadang kemampuan kita sangat kecil,” katanya.

“Usaha harus kuat, tekad harus bulat. Iringi dua hal tadi dengan ta’zhim dan khidmah kepada guru, karena do’a dan ridha mereka dalah kunci sukses di masa depan,” ujarnya lagi.

Pimpinan Dayah Insan Qurani, Ustaz Muzakkir Zulkifli mengaku bersyukur dan bangga kepada anak-anak didiknya yang kini telah mengibarkan sayap dakwah baik di Aceh maupun nasional.

“Selamat datang, ahlan wa marhaban Ustaz Hanan dan kawan-kawan ke Dayah Insan Qurani, kami sangat senang setiap Ustaz Hanan ke Aceh, selalu meluangkan waktunya untuk hadir ke Dayah IQ,” ujar Muzakkir.

Ia berharap kehadiran Ustaz Hanan Attaki bersama para sahabatnya menjadi motivasi tersendiri dan teladan bagi para santri dalam belajar dan menikmati proses menuntut ilmu di pesantren.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Yayasan Insan Qurani Ust M Raihan beserta Asatidz Dayah IQ.