Dayah Insan Qurani Aceh Besar kembali menggelar program Daurah Alquran pada Ramadan 1445 H. Program ini merupakan yang ke VII yang berlangsung selama 15 hari ke depan mulai 16-31 Maret 2024.

Pada Ramadan ini, program Daurah Alquran yang merupakan agenda rutin tahunan Dayah Insan Qurani ini diikuti oleh 465 santri dayah setempat. Program ini wajib diikuti oleh santri kelas 5, tapi juga dianjurkan bagi santri lainnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Pimpinan Dayah IQ Ustad Muzakkir Zulkifli mengatakan, Daurah Alquran menjadi sangat penting bagi para santri karena selama dua pekan di dayah mereka akan mengikuti program karantina agar fokus pada peningkatam Alquran, pembinaan kandungan Alquran oleh para asatiz dan juga penerapan ibadah yaumiyah (harian, red) selama Ramadan.

“Kegiatan dilaksanakan setelah subuh sampai dengan jam 11.30 WIB setelah diselingi istirahat dan pada malam hari mereka akan melakukan setor tambahan hafalan bagi yang punya hafalan lebih dengan disediakan guru khusus,” katanya.

Muzakkir berpesan kepada seluruh peserta daurah agar fokus bersama Alquran selama mengikuti program ini terutama bagi santri yang ingin khatam 30 juz pada Ramadan kali ini.

“Fokus pada pengembangan hafalan, sehingga melalui program ini dapat melahirkan banyak melahirkan hafizh yang berkualitas. Terkhusus kepada santri kelas 5 dan 6 setelah Ramadan akan padat dengan berbagai kegiatan keorganisasian dan wisuda kelulusan,” ujarnya.

Dia juga berpesan agar para peserta menjauhi segala kegiatan yang merusak konsentrasi kepada Al-Qur’an dan disiplin dayah. Menurutnya, selain untuk menambah hafalan program ini juga untuk pembinaan karakter islami.

“Betul-betul manfaatkan waktu karantina ini apalagi bagi kelas 5 karena ini program wajib.
Selama karantina ini jangan fokus tambah hafalan saja tapi juga fokus perbaiki bacaan juga. Santri juga dilarang membawa HP dan bagi yang ketahuan akan disita,” katanya. []