Dayah Insan Qurani Aceh Besar menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan modul ajar kurikulum dan pembuatan soal bagi para guru dayah tersebut. Kegiatan ini berlangsung di aula Dayah IQ mulai Rabu-Kamis, 27-28 Maret 2024.

Ketua panitia Ust Ziyaush Shabri, Lc., M.Pd. melaporkan, kegiatan ini diikuti 30 peserta dari guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan juga Aliyah (MA) Insan Qurani.
“Untuk Narasumber, akan diisi oleh Pimpinan Dayah IQ Ust. Muzakkir Zulkifli, S.Ag, dan juga Kepala MA Insan Qurani Ust. Irhami Razali, M.TESOL.,” ujar Ziyaush Shabri.

Dalam kesempatan tersebut, ust Muzakkir Zulkifli mengajak para peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan fokus dan serius. Sehingga nantinya dapat diterapkan dalam pengembangan kurikulum dayah.

“Kita perlu menyesuaikan dengan perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan, sehingga kita tidak tertinggal, apalagi era digital ini, kita harus mampu menyesuaikan. Maka kita berharap semua serius dan fokus sehingga melahirkan output yang bagus,” ujar Muzakkir Zulkifli.

Ia mengatakan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut pengembangan kurikulum dayah dan juga percepatan perkembangan kurikulum berbasis bahasa Arab dan keagamaan menggunakan kitab-kitab yang mampu ditelaah oleh santri Dayah Insan Qur’ani.

“Penyusunan batas modul kurikulum dayah ini juga menerapkan kombinasi pembelajaran klasik dan modern. Kegiatan ini juga berfokus pada penyusunan bank soal sebagai bahan kisi-kisi belajar santri Insan Qur’ani sebagai alat dalam mempermudah pembelajaran sehari-hari,” kata Muzakir. []